Jasa Seorang Guru Bagi Bangsa Indonesia

Guru sering disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, pernahkah anda bertanya mengapa bisa begitu dan sebenarnya jasa seorang guru apa saja? Jasa guru tentunya sangat banyak, hanya saja sebagai seorang murid, anda pasti jarang memikirkannya karena yang dipikirkan hanyalah bagaimana caranya untuk bisa lulus dan mendapatkan nilai yang bagus. Memang tidak salah, namun sekarang anda sudah lulus sekolah, ini waktu yang tepat untuk menilik kembali seperti apa jasa guru dalam kehidupan anda sebagai seorang pelajar, apalagi tanpa adanya guru maka anda pasti akan kesulitan untuk belajar dan akan kesulitan bahkan untuk membaca dan berhitung.

Jasa guru berbeda jauh dengan jasa SEO Jakarta, karena jasa SEO merupakan sebuah usaha jasa yang membantu para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Sedangkan guru memiliki jasa yang tak terhitung jumlahnya dan menjadi alasan utama mengapa anda bisa membaca artikel ini. Kembali ke topik utama, berikut adalah beberapa hal yang harus anda apresiasi dari guru dan seperti apa jasa yang mereka berikan kepada bangsa ini:

  • Kebodohan merupakan akar dari segala masalah, tidak ada yang positif dari sebuah kebodohan. Disinilah jasa guru, mengajarkan berbagai ilmu yang mereka miliki untuk membuat murid-murid, bangsa Indonesia menjadi lebih pintar dan maju. Tidak lupa, seorang guru pun terkadang memasukkan pesan moral kehidupan dalam setiap pelajarannya sehingga seorang murid tidak hanya pintar dalam pelajaran saja, namun juga pintar dan bijaksana dalam hidup.
  • Pengabdiannya yang tidak pernah meminta pamrih, ini adalah sebuah sikap yang perlu diapresiasi. Bahkan anda pasti sering melihat berita di televisi bahwa ada guru honorer yang digaji Rp 300.000 setiap bulannya, namun tetap mengajar seperti biasa. Dari situ terlihat bahwa seorang guru tidak pernah pamrih.
  • Seorang guru mengorbankan waktu serta tenaganya, umurnya yang tak lagi muda tidak membuat ia patah semangat. Karena seorang guru pasti ingin memberikan yang terbaik untuk murid-muridnya, untuk bangsa Indonesia. Bayangkan saja, apabila seluruh guru yang ada di Indonesia bermalas-malasan, pasti banyak murid yang tidak akan lulus.