Serunya Bertualang Di Kawasan Bokoharjo, Sleman, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beberapa kawasan yang memiliki objek-objek wisata yan sangat terkenal. Salah satu kawasan tersebut adalah Desa Bokoharjo yang berada di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Beberapa destinasi wisata yang ada di desa ini yaitu Candi Prambanan, Istana Ratu Boko, candi Ijo dan yang terbaru Tebing Breksi. Bagi banyak wisatawan tentu sudah banyak yang tahu Candi Prambanan yang sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya. Selain itu yang tidak kalah terkenal adalah Istana Ratu Boko yang semakin populer setelah adanya film Ada Apa Dengan Cinta 2? Tidak hanya berupa candi, di desa ini juga terdapat sebuah objek wisata terbaru yaitu Tebing Breksi yang naik daun karena keunikannya. Berikut penjelasan singkat mengenai objek-objek wisata tesebut:

  1. Candi Prambanan

Destinasi wisata yang pertama yang berada di desa ini adalah adalah Candi Prambanan. Candi ini adalah sebuah candi Hindu terbesar dan termegah yang ada di Indonesia. Hampir semua warga Indonesia pasti tahu akan candi ini sehingga perlu diragukan lagi kepopulerannya. Sehingga tidak mengherankan jika candi ini pasti ramai dikunjungi oleh wisatwan baik dari dalam maupun luar negeri. Candi ini berada perbatasan antara DI Yogyakarta dengan Provinsi Jawa Tengah.

  1. Istana Ratu Boko

Selain Candi Prambanan terdapat Istana Ratu Boko yang tidak kalah populer. Istana ini sebenarnya adalah keraton atau istana yang dulunya ditinggali oleh keluarga raja Mataram Kuno. Lokasinya ada di tenggara Candi Prambanan dan hanya sekitar 4 km. Selain itu tempat in juga menjadi benteng pertahanan karena terletak di atas buah bukit sehingga menjadikan kawasan ini terlindungi dengan baik dari serangan musuh. Layaknya sebuah istana, terdapat beberapa bagian masih bisa dilihat hingga sekarang seperti gerbang pintu masuk, kaputren, keraton, dan candi pembakaran, dan beberapa puing lainnya. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini terlebih saat film AADC 2 meledak dipasaran.

  1. Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah destinasi wisata alam dan buatan yang ada di Desa Bokoharjo. Tebing Breksi sebenarnya adalah bekas penambangan batu breksit yang ditutup oleh pemda Sleman karena merusak lingkungan yang mana membuat banyak sumur warga mengering. Setelah terlantar beberapa lama, kawasan ini pun mulai di bersihkan dan dikembangkan sebagai salah satu daya tarik wisata di Sleman. Di sini, wisatawan bisa menyaksikan bekas penambangan breksit yang menghasilkan pola-pola yang unik nan indah. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat lukisan wayang yang ada di dinding tebing serta bisa naik ke atas terbing dan menyaksikan pemandangan yang ada.

Demikianlah objek-objek wisata yang ada di kawasan wisata Desa Bokoharjo, Sleman Jika Anda ingn datang ke objek-objek wisata tersebut, Anda bisa sewa bus pariwisata di Jogja untuk mengantarkan mereka ke tujuan dan menjadikannya sebuah paket tour murah Jogja.